JALUR AFIRMASI PPDB SPENSAGO FULL....


 BERITA TERKINI 

PPDB SMP Negeri 1 Gombong Jalur Afirmasi: Melebihi Kuota dan Pendaftar Meningkat

Gombong, 13 Juni 2023 - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 1 Gombong melalui jalur afirmasi telah mencapai hasil yang mengejutkan. Hingga Hari ke-2 dari periode pendaftaran 12-14 Juni 2023, jumlah kuota jalur afirmasi sebanyak 32 siswa telah terlampaui. Angka ini setara dengan 20?ri total kuota penerimaan sebanyak 160 siswa.

Berdasarkan hasil verifikasi berkas, tercatat sebanyak 156 siswa telah mengisi pilihan pertama di SMP Negeri 1 Gombong dengan jalur afirmasi. Bahkan, jika digabungkan dengan pilihan kedua, jumlah pendaftar sudah mencapai lebih dari 210-an siswa. Terlihat bahwa jalur afirmasi ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi calon peserta didik.

Meskipun pendaftaran telah berlangsung hingga pukul 11.00 hari ini, belum dilakukan pemeringkatan oleh sistem. Sebagai hasilnya, para pendaftar harus menunggu hingga tanggal 17 Juni 2023 untuk mengetahui hasilnya secara langsung. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam memanfaatkan jalur afirmasi ini.

Dalam ketentuan pendaftaran, calon peserta didik yang telah diterima melalui jalur afirmasi tidak diperbolehkan mendaftar kembali melalui jalur zonasi, perpindahan orangtua/wali, maupun jalur prestasi. Hal sebaliknya jika tidak diterima di jalur afirmasi, silakan mendaftar ( mengubah jalur) menjadi jalur zonasi, prestasi atau perpindahan orangtua. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang adil bagi semua calon peserta didik.

Proses pendaftaran dilakukan secara daring (online) dengan berbagai ketentuan yang telah ditetapkan. Calon peserta didik dapat mendaftar secara mandiri atau melalui SD/MI/sederajat asal dengan bantuan guru/operator sekolah setelah orangtua/wali siswa mengajukan permohonan ke SD/MI/sederajat atau SMP terkait.

Prosedur pendaftaran Jalur Afirmasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Calon peserta didik baru/orangtua/wali murid/guru/operator sekolah membuka situs PPDB online melalui alamat website http://ppdb.disdikpora.kebumenkab.go.id dan login dengan menggunakan nomor induk siswa nasional serta password nomor induk siswa nasional calon peserta didik.
  2. Calon peserta didik baru menyerahkan data secara langsung ke sekolah pilihan pertama atau pilihan kedua. Data yang harus diserahkan meliputi:
    • Surat Keterangan Lulus asli
    • Fotokopi Kartu Keluarga
    • Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kelahiran calon peserta didik
    • Bagi yang mendaftar melalui jalur afirmasi, harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Kepala Desa lengkap dengan Nomor ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sedangkan peserta didik penyandang disabilitas harus menyertakan rekomendasi tertulis asli dari psikolog Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah.
  3. Panitia sekolah akan melakukan verifikasi berkas secara offline.
  4. Surat Keterangan Lulus asli hanya dapat diambil oleh calon peserta didik yang dinyatakan diterima setelah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selesai dilaksanakan.

Dengan jumlah pendaftar yang melampaui kuota jalur afirmasi, SMP Negeri 1 Gombong harus mengambil keputusan yang adil untuk proses seleksi penerimaan peserta didik baru melalui jalur ini. Semua pendaftar akan menunggu hasil pemeringkatan sistem pada tanggal 17 Juni 2023. Sampai saat itu, para calon peserta didik akan tetap berharap dan menantikan keputusan akhir. @esp

Sumber: SMP Negeri 1 Gombong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen

Copyright © 2021 - 2024 SMP NEGERI 1 GOMBONG